Senin, 07 November 2011

faktor kualitas mahasiswa


FAKTOR-FAKTOR PENGARUH BAGI KEMAJUAN DAN KEMUNDURAN
KUALITAS MAHASISWA UIN
FAKULTAS USULUDDIN


            Suatu masalah dalam sebuah penelitian ini dikarenakan mulainya dari sebuah kualitas mahasiswa UIN terutama fakultas usuluddin dalam waktu saat ini maupun yang akan datang. Apabila semua berkelanjutan seperti saat ini, kemungkinan besar mahasiswa akan mulai ketinggalan kualitas dan akan terpuruk dalam ketidak tauannya dikemajuan teknologi juga tidak mendapatkan kepuasan dalam fasilitas yang seharusnya didapat. Oleh karena itu sering kali banyak keluhan dari para mahasiswa dan juga menjadikannya kemalasan mahasiswa untuk pergi kekampus sehingga banyak nilai dari mereka mengalami kemunduran. Karena
            Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan dari sebagian mahasiswa usuluddin yang tengah mengeluh dan telah di tanya, banyaklah yang memberikan keluhan-keluhan dalam hal tersebut. Kerena masalah ini menyangkut dengan proses kenyamanan belajar mahasiswa begitu juga dosen dalam memberikan pengajarannya. Dalam kenyataannya tersebut, penelitian ini berusaha untuk menggali, mengubah, maupun memberikan masukan yang tepat untuk mengatasi masalah yang telah terjadi supaya tidak berlarut-larut dalam satu masalah yang dapat membuat mundurnya kualitas mahasiswa dan menjadikannya majunya mahasiswa usuluddin.

Definisi operasional
            Dilakukannya sebuah penelitian ini untuk lebih meningkatkan kualitas mahasiswa yang secara langsung karena didukung oleh adanya fasilitas dalam kampus yang di butuhkan oleh mahasiswa maupun dosen. Oleh karena itu mahasiswa menjadi lebih kreatif dan membuat kualitasnya dalam mendapatkan suatu ilmu tidaklah hanya sekedar semata, namun dapat membuahkan hasil yang memuaskan dan bermanfaat kelak setelahnya. Begitu juga dapat menjadikan fakultas usuluddin ini banyak mahasiswa berminat untuk memilih dalam prodi yang ada di fakultas usuluddin. Karena dari itu pengembangan dalam fasilitas dan kualitas mahasiswa harus lebih di tingkatkan kembali agar supaya kemajuan dari pemikiran mahasiswa lebih terpacu untuk lebih semangat dangan pengembangan inspirasi-inspirasi terbarunya. Disamping itu pula dapat lebih memberikan suatu potensi nalai mahasiswa dalam fakultas usuluddin tersebut.
            Banyak kemungkinan mahasiswa akan lebih termotifasi dalam melakukan suatu aktifitas apapun apabila fasilitas yang mereka butuhkan dapat terpenuhi secara dominan.begi juga mahasiswa akan memiliki aktifitas intelektual dengan tingkat kesukaran yang di atasi dengan usaha keras. Demikian halnya dengan dosen yang akan lebih mudah dalam melakukan aktifitas pengajaran dalam kampus. Apabila hal tersebut tidak dapat terpenuhi maka hal tersebut akan memicu kemunduran dari kualitas mahasiswa.

Metode
            Subjek dalam metode penelitian tersebut di ambil sampel mahasiswa usuluddin yang terdiri atas empat prodi. Dalam melakukan sebuah pengambilan data dengan menggunakan sampling secara random, terhadap sebagian mahasiswa khususnya usuluddin baik laki-laki maupun perempuan.

Instrumen
            Sebuah insrumen yang di pakai dalam mengukap masalah faktor kemajuan maupun kemunduran kualitas mahasiswa dalam pembelajaran di kampus. Juga bagai mana keluhan yang rasakan para mahasiswa selama ini sehingga banyak masukan-masukan yang perlu di tindak lanjuti kembali. Melalui penelitian sebagian pihak mahasiswa telah di sangkutkan untuk memberikan sebuah informasin. Untuk itu dalam penelitian ini menggunakan sebuah angket “faktor-faktor kemajuan dan kemunduran kualitas mahasiswa” khususnya dalam melakukan pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas kampus agar tidak terjadi kebosanan saat kuliah. Dan memberikan sebuah suasana yang diminati mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memunculkan motifasi dan kreatifitas mereka.

Tujuan dari penelitian tersebut :
·         Memajukan kualitas belajar mengajar dalam kampus agar supaya menghasilkan alumni mahasiswa, agar supaya di berguna setelahnya.
·         Untuk menambah apa yang perlu lebih di tingkatkan dari pihak kampus fakultas usuluddin sehingga para mahasiswa dapat melancarkan dan menikmati fasilitas belajarnya.
·         Agar supaya membawa nama baik dari universitas terutama dari fakultas usulddin dalam peringkat prestasi.
·         Meningkatkan perkembangan mahasiswa dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan.

Latar belakang masalah
      Dilakukannya penelitan ini, dikarenakan untuk leih mengutamakan perkemangan mahasiswa. Sehingga kemajuan dari kualitas mahasiswa tersebut dapat tercipta dikampus usuluddin dan menguangi penyebab da kemunduran yang telah terjadi saat ini. Oleh karena itu diperlukannya obserfasi langsung dengan pihak yang bersangkutan dalam bidang trsebut.
      Di samping itu juga disebabkan oleh faktor-faktor lain yang  membuat  mahasiswa menjadi kurang berpotensi dalam bidang yang mereke pelajari. Sebab itu dilakukannya sebuah obserfsi untuk lebih memahami apa yang seharusnya di lakukan untuk memajukan kualitas mahasiswa UIN terutama fakultas usuluddin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar