Senin, 07 November 2011


KOMUNIKASI
HUBUNGAN DALAM SATU RUANGAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Ilmu Komunikasi
Dosen : Nurus Sa’adah
Disusun Oleh :
Panji Siyamto (09540019)

PRODI SOSIOLOGI AGAMA
FAKULTAS USULUDDIN
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2010

v Bentuk komunikasinya
                Dilihat dari cara berkomunikasi dan orang yang ada dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi tersebut merupakan spesialisasi yang merupakan komunikasi kelompok. Dan komunikasi tersebut terjadi dan dilakukan secara ferbal dalam ruang lingkup tertentu.
v Proses komunikasi yang terjadi
       Proses komunikasi dalam gambar diatas di simpulkan tampak sebuah komponen yang dicakup dan merupakan persyaratan dalam komunikasi dan unsur-unsurnya antara lain ;
a.       Source (sumber)
b.      Communicator (komunikator  = penyampaian pesan)
c.       Massage (pesan)
d.      Channel (saluran)
e.      Communicant (komunikan = penerimaan pesan)
f.        Effect (hasil)

Jadi komunikasi yang terjadi saat itu saling memberikan pertanyyaan dan jawaban yang telah mereka respon yang telah di ungkapkan secara lisan. Dalam komunikasi tersebut juga harus mempunyai sumber atau saluran dalam pembicaraannya dan memberikan pesan maupun mennerima pesan.
v Unsur-unsur atau komponen dalam komunikasi
Apabila koomunikasi tersebut dipandang secara luas ialah pertukaran berita dan pesan sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta, dan ide.
v Kata gori ferbal dan non ferbal
Komunikasi secara verbal yaitu komunikasi atau penyampaian pesan dengan menggunakan bahasa atau morse secara langsung dari individu kepada individu lain. Sedangkan komunikasi secara non verbal  cara penyampaiyan pesannya dengan menggunakan symbol, geraken tubuh, maupun petunjuk huruf, melainkan tidak di sampaikan dengan kata-kata.
v Bentuk komunikasi secera verbal dan non verbal
Dilihat secara verbal bentuk komunikasi tersebut dapat dilihat dari cara mereka menyampaikan sebuah pesan atau ungkapan maupun jawaban yang terjadi. Juga jelas terlihat langsung secara lisan mereka berkomiunikasi dengan menggunakan ucapan dan sapaan yang di lakukan dalam suatu linkup pembicaraan. Jadi sangat jelas sekali komunikasi tersebut menggunakan komunikasi verbal.
Sedangkan komunikasi non verbal yang mereka gunakan yaitu pada saat mereka merespon sebuah pesan atau masukan maupun jawaban yang mereka tandai dengan geraktubuh tertentu dan orang lain dapat memahami apa maksud gerak tubuh tersebut.
v Definisi komunnikasi
Definisi komunikasi menurut pengertian saya dalam ilmu komunikasi adalahsuatu penyampaian gagasan, ide, saran, pendapat, berita ataupun perintah dari seseorang di tunjukan  at;au disampaikan pada orang lain baik secara verbal maupun non verbal dan secara langsung ataupun tidak langsung.

v  













Tidak ada komentar:

Posting Komentar